Beranda

Live Streaming

Program tvOne

Jadwal

Indeks

Karier

Tentang Kami

Anda & Pemilu

Jumat, 18 April 2014


Kabar Nusantara

Pesantren Syiah di Madura Dibakar Warga

Kamis, 29 Desember 2011 13:40 WIB

ilustrasi kerusuhan

Sampang, (tvOne)

Sekelompok warga membakar Pesantren Misbahul Huda milik kelompok Syiah di Nangkernang, Sampang, Madura, Jawa Timur, Kamis (29/12) sekitar pukul 09.12 WIB. Massa yang menyerang diduga adalah warga sekitar yang tidak suka dengan keberadaan pesantren Syiah di sana.

Pembina Pesantren, Tajul Muluk, menyayangkan kepolisian yang tidak sigap mengantisipasi serangan warga. "Padahal sebelumnya, sekitar satu minggu sudah ada ancaman pesantren akan dibakar. Aparat seperti kurang sigap," ucapnya.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Jatiim, Kombes Pol Rahmad Mulyana, ada rumah dan sebuah musala yang dibakar. Anggota dari Polres Sampang yang tiba di lokasi sempat dihalangi kelompok penyerang.

Terkait ancaman, Mulyana mengaku tak mengetahui apakan masyarakat setempat telah melaporkan ancaman ini sebelumnya kepada polisi. "Kalau itu, saya belum bisa pastikan. Tunggu data dari Sampang," katanya.

Polisi, kata dia, terus melakukan tindakan persuasif untuk menenangkan massa. Menurut Mulyana, Kapolres Sampang juga telah turun ke lapangan. Mulyana mengatakan dalam aksi ini tidak ada korban jiwa. Polisi juga belum bisa menghitung kerugian material. "Masih didata," ujar dia.

Saat ini, ratusan santri yang berasal dari warga sekitar dan dari kalangan tidak mampu ini sudah dievakuasi oleh pengurus pesantren. "Mereka sudah dikembalikan ke rumah masing-masing," imbuhnya.(VIVAnews)

5133+mr
Bookmark and Share
Komentar Kabar
Kirim Komentar