Beranda

Live Streaming

Program tvOne

Jadwal

Indeks

Karier

Tentang Kami

Anda & Pemilu

Jumat, 18 April 2014


Kabar Nusantara

Hutan Terbakar, Pendaki di Gunung Slamet Dievakuasi

Minggu, 26 Agustus 2012 08:21 WIB

Purwokerto, (tvOne)

Tim Search and Rescue (SAR) gabungan kembali mengupayakan evakuasi terhadap para pendaki yang terjebak kebakaran hutan di lereng Gunung Slamet, Jawa Tengah, Minggu (26/8).

"Pagi ini, tim SAR yang terdiri sembilan personel Kodim Purbalingga dan Kodim Pemalang akan naik ke atas Gunung Slamet untuk mengevakuasi 15 pendaki yang berada di Pos III," kata petugas SAR Koordinator Wilayah III Jateng Rudi Setiawan.

Sebelumnya, kata dia, personel Basarnas telah mengevakuasi 40 pendaki ke Pos Pendakian Bambangan di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga.

"Selain 15 pendaki yang akan dievakuasi, saat ini di lereng Gunung Slamet diperkirakan masih ada sekitar 50 pendaki lain. Namun mereka berada di lokasi aman karena posisinya di Pos I," katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan, seluruh pendaki yang masih berada di puncak maupun lereng Gunung Slamet akan dievakuasi ke Pos Bambangan.

Menurut dia, evakuasi tersebut sesuai perintah Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko.

"Demi keselamatan, Bupati memerintahkan agar seluruh pendaki dievakuasi ke bawah," katanya.

Disinggung mengenai upaya pemadaman kebakaran, dia mengatakan, hal itu akan dilakukan setelah seluruh pendaki dievakuasi ke tempat yang aman.

Menurut dia, saat ini terpantau ada delapan titik api yang lokasinya berdekatan dan merambat ke bawah.

"Dari pengamatan kami, kebakaran itu merambat ke bawah, ke arah selatan, namun masih berada di wilayah Pemalang. Saat ini yang terpenting adalah evakuasi para pendaki karena jika seluruhnya telah dievakuasi, kita akan lebih mudah melakukan upaya pemadaman lantaran sebagian jalur pendakian sudah ada yang terbakar," katanya.

Seperti diwartakan sebelumnya, kebakaran tersebut terjadi pada ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan berada di lereng Gunung Slamet yang masuk wilayah Kabupaten Pemalang.

Api yang membakar hutan tersebut mulai terlihat sekitar pukul 03.30 WIB dan dilaporkan oleh pendaki yang turun di Pos Pendakian Bambangan.

"Kami menerima laporan tersebut dari pendaki Gunung Slamet yang baru turun melalui Pos Pendakian Bambangan. Mereka melaporkan adanya kebakaran di lereng Gunung Slamet yang masuk wilayah Kabupaten Pemalang," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Purbalingga Priyo Satmoko.

Menurut dia, pada liburan Lebaran ini banyak pendaki yang mendaki ke puncak Gunung Slamet. (Ant)

3025+as
Bookmark and Share
Komentar Kabar
Kirim Komentar